Materi FDS Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak edisi revisi 2018



Sahabat Pakyudhiblog.com yang saya banggakan, terlebih para pendamping sosial Program Keluarga Harapan sebagai pejuang sosial yang tangguh dengan jargon yang selalu di gaungkan " to help people, and to help them self " menjadi ujung tombak suksesnya peningkatan kesejahteraan keluarga pra sejahtera di pelosok nusantara.




Program Kelurga Harapan bukan hanya memberikan bantuan non tunai yang turun per tiga bulan dengan nominal Rp. 500.000,- saja melainkan ada FDS Family Development Session, FDS merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang pada akhirnya dapat memeberikan pembelajaran yang sistematis dan terpogram meningkatkan wawasan dan memberikan penyadaran agar keluarga pra sejahtera dapat keluar dari jerat kemiskinan.


Pada saat melakukan asesment partisipatif dan KPM disuruh menuliskan masalah yang sedang dihadapinya disitulah pendamping sosial dapat melihat betapa kompleknya masalah yang mereka hadapi, tak sedikit juga yang meneteskan air mata saat satu persatu masalah yang telah mereka tulis dibacakan satu persatu untuk di kelompokkan dalam masalah ekonomi, pendidikan dan pengasuhan anak, kesehatan dan gizi.

Tiap kelompok memiliki prioritas masalah tersendiri, ada kelompok yang lebih dominan pada masalah ekonomi, ada juga yang paling banyak dikeluhkan masalah pengasuhan dan pendidikan anak. Dari sinilah pendamping sosial Program Keluarga Harapan membuat rencana kerja P2K2 menentukan jadwal pertemuan kelompok tahap selanjutnya untuk membahas prioritas masalah kelompok masing-masing.


Tugas utama pendamping sebelum melakukan FDS adalah mempelajari materi secara utuh dan menyiapkan perangkat dan alat peraga yang di butuhkan saat presentasi di depan KPM, untuk mendapatkan Materi FDS modul Pengasuhan dan Pendidikan anak dapat mengambilnya di bawah artikel ini, mengingat banyaknya halaman maka cukup di print out satu sesi aja terlebih dahulu dan pada sesi pertemuan berikutnya di print out lagi sehingga tidak terlalu memberatkan.

Jenis File             : PDF
Jumlah Halaman : 107
Size/Ukuran        : 4,7 mb



0 Response to "Materi FDS Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak edisi revisi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel